Sabtu, 17 November 2012

Yang Tersembunyi Dibalik Gunungan Wayang

Hai, blogger :)
Berhubung nama blog ini adalah "The Secrets of Wayang" kita pastinya akan membahas tentang secrets kan? Nah kali ini kita bakal ngomongin rahasia dibalik gunungan wayang. Tapi.. Apa ya gunungan wayang itu?


Menurut Drs. R. Soetarno AK: "Gunungan adalah wayang berbentuk gambar gunung beserta isinya. Di bawahnya terdapat gambar pintu gerbang yang dijaga oleh dua raksasa yang memegang pedang dan perisai. Itu melambangkan pintu gerbang istana, dan pada waktu dimainkan, gunungan dipergunakan sebagai istana. Di sebelah atas gunung terdapat pohon kayu yang dibelit oleh seekor ular naga."

Kata lain, Gunungan juga bisa disebut seperti hutan belantara, karena ada gambar pohon-pohon tersebut. Gunungan dilambangkan menjadi dunia kita beserta isinya. 


Sebelum pertunjukan dimulai, Dalang selalu menancapkan Gunungan di bagian tengah daripada layar, sebagai tanda bahwa pertunjukan belum dimulai. Terkadang juga dipakai saat pergantian tokoh/cerita. Saat cerita sudah di mulai, baisanya Gunungan dipindahkan kepinggir layar.

Gunungan juga bisa dilambangkan sebagai lambang api/angin. Jika kita membalik gunungan ini, terdapat cat-cat yang berwarna merah yang tidak lain tidak bukan, melambangkan api.


Hutan tanaman dan binatang adalah berbagai sifat dan tabiat manusia sedangkan alam bersifat memberi dan tidak membeda-bedakan.

Itulah sedikit ulasan tentang Gunungan Wayang. Tetap membaca, teman-temen :)

referensi: http://www.andaikata.com/2012/07/makna-gunungan-pada-wayang-kulit.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar