Sabtu, 17 November 2012

Dari "Kulit" ke 'Kulit"

Mungkin ada yang bertanya, kenapa sih namanya Wayang Kulit? Nah.. Itu karena semua wayang kulit terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Penasaran kan gimana caranya membuat wayang kulit? Yuk kita cari tau :D


Pertama-tama, kulit kerbau/sapi (karena kulit-kulit ini kuat dan tidak berminyak) di jemur selama beberapa hari, agar kulitnya menjadi kering dan kaku. Setelah benar-benar kering, rendam kulit selama 1 malam dan jemur lagi. Lalu, bulu-bulu di kulit tersebut dikerok dengan pisau yang tajam.

Tahap selanjutnya adalah memahat kulit wayang. Seperti yang ada digambar diatas, memahat wayang menggunakan besi panjang dan tajam untuk mengukir wayang atau sesekali membolongi wayang jika diperlukan.
Hal yang pertama yang harus dilakukan dalam tahap ini adalah, gambar permukaan kulit tokoh wayang, barulah mulai memahat. Jangan lupa, bahwa memahat wayang harus dari pinggir dulu ya :D


Tahap terakhir merupakan tahap yang paling menyenangkan ^^. Karena disini kita akan memberikan warna pada kulit wayang.  Caranya, kita harus menggunakan cat putih terlebih dahulu sebagai dasar wayang, lalu menggunakan cat berwarna untuk menambahkan ornamen atau membuat warna pada bentuk tokoh wayang.

Seru kan membuat wayang? :D lebih seru lagi kalo kita liat langsung cara pembuatannya disini:


referensi: http://domba-bunting.blogspot.com/2011/03/cara-membuat-wayang-kulit.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar