Jumat, 09 November 2012

Apa Itu Wayang?

Wayang. Kata yang sangat tidak asing bagi semua kalangan di Indonesia. Tapi mau tau gak sih sebenarnya apa itu wayang? Seperti apa? Wayang apa saja? Dan kenapa wayang?

Wayang merupakan salah satu kesenian yang paling menonjol dan paling tua di negara kita ini. Konon pertunjukan wayang sudah dikenal di Indonesia sejak tahun 1500 SM. Wayang berarti "bayangan" dalam bahasa Jawa, atau merupakan cerminan dari sifat-sifat yang ada didalam jiwa manusia, kata orang jaman dahulu. Bayangan yang dibuat dalam pertunjukan wayang ini diciptakan dari gambar yang dibawa oleh dalang, dengan bantuan kain putih dan lampu, maka penonton dapat melihat bayangan hitam pada layar. Itulah yang diartikan dengan menonton pertunjukan "bayangan". Nah, ini dia gambar ketika Dalang memainkan Wayangnya, teman-teman :3


Jenis wayang bukan hanya satu, seperti yang kita lihat di atas, tapi ada beberapa. Contohnya: wayang kulit, wayang orang, wayang goleng, dan yang lainnya. Mungkin akan kita bahas satu persatu di post berikutnya. Cerita yang diceritakan saat pewayangan juga beragam, seperti kisah Rama dan Shinta, serta Ramayana dan Mahabrata. Sering kan dengernya?
Yang membuat pertunjukan wayang menarik adalah, pertunjukan diiringi oleh musik tradisional seperti gamelan.

Begitulah sedikit tentang dunia perwayangan. Post berikutnya menyusul! Terima kasih :)

referensi: http://www.anneahira.com/sejarah-wayang.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar