Selasa, 20 November 2012

Wayang Golek dan Si Cepot

Menyambung dari blog post sebelumnya yang berjudul "Aneka Jenis Wayang", pada post kali ini kita akan membahas lebih tentang Wayang Golek atau wayang boneka :D

Wayang Golek adalah wayang yang terbuat dari kayu dan berbentuk boneka. Kehadiran wayang golek juga tidak bisa dipisahkan dari wayang kulit. Namun bedanya, wayang golek dapat dimainkan pada siang hari dan tidak membutuhkan sinar apapun agar bisa dimainkan. Wayang golek merupakan kesenian tradisional di Tatar Sunda. Ceritanya pun hampir sama dengan yang biasa dimainkan dalam wayang kulit.


Nah.. Mungkin para blogger sekalian, pernah mendengar tentang salah satu lakon wayang golek yang terkenal, yaitu Si Cepot, si muka merah dan juga primadona dalam setiap pertunjukan wayang golek. Suatu pertunjukan bahkan bisa kehilangan kemenarikannya jika tak ada Si Cepot. Ia merupakan sosok yang jenaka dan humoris, namun selalu ada makna dibalik candaannya. Ia juga pintar dan banyak akal.


Kalau sebelumnya kita juga pernah membahas tentang "Teladan Kesederhanaan Para Punakawan", sifat dari Si Cepot juga bisa digambarkan seperti mereka. Lucu namun cerdik. Orang Sunda biasa menyebutnya Si Cepot suka sindir sampir. Dalam setiap guyoannya, juga ada kritikan untuk memberikan pelajaran bagi orang lain :)

Mau lihat gimana sih peran Si Cepot sebenarnya? Ayo kita lihat video-nya :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar